Arsip

Friday, June 16, 2017

Tingkah Balita Membuat Orang Tua Cepat Emosi, Ini Tipsnya

Seiring betumbuhnya balita kesayangan kita, maka secara alamiah kemampuan analisis berfikir balita anda pun akan meningkat juga. Ia akan mulai dengan mudah meniru apa yang dia lihat dan dengar. Sudah bisa merasakan kecewa jadi bisa saya katakan kemampuan menyerap informasi sekelilingnya akan membuat orang tua terkagum-kagum senang karena tingkah-tingkah lucu si kecil. 

Tingkah Balita Membuat Orang Tua Cepat Emosi, Ini Tipsnya


Namun ada Tingkah Balita yang kadang bisa membuat orang tua nya Jengkel dan Emosi. Tingkah menjengkelkan Balita sih kalo menurut saya sih itu normal pada setiap balita. Yang terpening adalah bagaimana tindakan yang bijaksana orang tua menyikapi tingkah buah hatinya.

Berikut ini adalah beberapa Tingkah Balita Membuat Orang Tua Cepat Emosi atau Jengkel :

MERENGEK
Penyebab anak merengek itu karena kehilangan perhatian dari orang tua yang walau hanya sebentar bisa membuat balita kecewa dan kesal. Jadi ketika ia kehabisan kata dan semakin kesal maka balita akan mulai merengek.

TIPSNYA 
  • Jika karena balita menuntu perhatian anda, maka ajak bicara dengan sikap yang lembut kenapa anda menolak kengingin anak.
  • Coba rekam suara, gambar atau video ketika ia sedang merengek, dan putar kembali di waktu lain agar anak mendengar dan menyaksikan sendiri sehingga ia berfikir ulang ingin melakukannya lagi. Pada kasus kebanyakan ia berhenti merengek dan serius memperhatikan wajah merengek dirinya.

BERBOHONG
Ada beberapa penyebab kenapa anak bisa berbohong. Anak balita belum bisa membedakan realitas dengan imajenasi. Atau kadang ia berbohong untuk membela diri memungkiri telah melakukan sesuatu seperti menjatuhkan benda dan takut akan anda marahi.

TIPSNYA
  • Jelaskan dengan lembut bahwa tindakan itu tidak baik.
  • Teliti terlebih dahulu, jangan langsung apa yang diomongkan oleh balita anda.
  • Jangan hancurkan khayalannya. Ikuti dan dengarkan cerita imajenasinya dan selipkan fakta-fakta kesalahannya sesungguhnya.


Tingkah Balita Membuat Orang Tua Cepat Emosi, Ini Tipsnya


MUDAH MARAH
Apapun hal dan penyebab yang menyebabkan balita itu marah akan berakhir menuju tantrum . Perilaku tantrum itu seperti menjeri-jerit, Berguling-guling, memukul-mukul, membanting apa saja yang di pegangnya. Disebabkan anak merasa kesal maka dengan cara tantrum tadi lah ia meluapkan kekesalannya.

TIPSNYA
  • Biasanya anak marah itu karena disebabkan sesuatu. Coba di periksa dulu kondisi anak. Apakah ia lapar, bosan atau sedang lelah. Dengan kondisi demikian anda akan tahu penanganan apa yang harus anda lakukan.
  • Tanya;ah dengan lembut kenapa ia marah, dekap dengan lembut. Turunkan Ego anda.


MENGABAIKAN LARANGAN
Ketika balita anda mengabaikan larangan anda, bisa saja aturan dan larangan yang anda terapkan tidak sesuai dengan keinginnya. Namun ada alasan lain ia ingin mengabaikan aturan anda yaitu karena ia ingin anda perhatikan.

TIPSNYA
Jangan cepat terbawa emosi. Dekati dengan lembut dengan cara di gandeng atau digendong sambil katakan yang ia lakukan itu tidak benar.
Berilah penghargaan ketika anak mengikuti peraturan sehingga ia dengan senang hati mengukuti arahan anda. 

BALITA SELALU BILANG TIDAK
Percaya atau tidak balita anda sering mengatakan tidak bisa saja mencontoh diri anda seriang melakukan hal yang sama padanya. Hal tersebut itu lumrah karena itu menunjukan kontrol atas dirinya.

TIPSNYA
Jadilah teladan bagi balita kita sendiri. Balita melihat apa yang menjadi kebiasaan dari orang tuanya.
Lakukan secara bersama-sama. Misalnya membersihakan tempat tidur bersama.

SUKA TELANJANG
Suka bertelanjang itu hal yang normal bagi balita dan tumbuh kembangnya. Bisa juga ia mengekspresikan kemerdekaannya bergerak bebas.

TIPSNYA
  • Ajaklah ia memilih baju yang akan ia pakai dan bantulah ia mengenakan bajunya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan saya. Terima kasih

No comments:

Post a Comment