Arsip

Friday, June 2, 2017

Keberanian Mengakui Kesalahan

Tak ada manusia yang tak pernah berbuat kesalahan-kesalahan dalam hidupnya. Baik itu kesalahan yang disengaja atau tidak, disadari atau tidak, kesalahan besar atau kecil semua hal itu manusiawi sekali bukan? Sudah pasti kita ketahui sendiri jika tak segera di perbaiki, tak segera dilakuka introspeksi dan evaluasi diri, maka kesalahan terkecil sekalipun bisa menjadi membesar. Maka bisa saja kesahalahan tadi akan membesar-membesar yang mendorong terjadinya kerusakan dan akhirnya berakhir dengan kehancuran. 

Keberanian Mengakui Kesalahan


Terkadang ego kita lebih tinggi dan lebih keras dari kesalahan yang kita lakukan hingga untuk mengakui kesalahan menjadi hal tabu dan malu untuk diakui. Jika kita menyadari kesalahan diri sendiri segera akui, meminta maaf, evaluasi diri untuk segera bisa memperbaiki. Kira semua pernah dengar kan satu peribahasa,

Tak Ada Gading Yang Tak Retak
Maka jangan malu apalagi menutup diri, karena memang sewajarnya manusiawi sekali kita melakukan kesalahan itu. Tak perlu jengah, tak perlu menyesal berkepanjangan, namun hadapi secara terbuka apa dari semua resiko kesalahan yang kita telah perbuat. 

Sebagai manusia yang dibekali akal dan pikiran, budi dan pekerti, apalagi jika kita memiliki sifat saling menghargai dan menghormati. Dengan mengakui kesalahan segala persoalan akan lebih mudah dipecahkan.  

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Mei 2017.

No comments:

Post a Comment