Arsip

Thursday, May 11, 2017

Olah Raga Lari Memang Murah Tapi Gak Sembarangan

Klikalfon.com - Kalau mau olah raga yang murah meriah ya lari. Saking gampangnya mempraktekan olah raga lari ini, kebanyakan orang-orang mempraktekannya juga asal-asalan. Nyatanya gak seperti itu ada aturan dan cara yang harus dipahami terlebih dahulu supaya mempraktekan olah raga lari bisa menjadi olah raga yang menyenangkan dan menyehatkan. Nah inilah menurut saya yang sering dilupakan oleh sebagian orang yang ini mempraktekan olah raga lari inil. Apalagi bagi anda yang baru saja bergabung pada komunitas lari di kota anda dan sedang kemaruk-kemaruknya hal ini perlu di perhatikan.

Ilustrasinya contoh nya aku aja. Mau lari ah, hajar ni 10km ha ha ha . Padahal aku ini jarang-jarang lari lo. Maklum la baru ngeliat aktifitas lari temen-temen dan komunitas lari ini kok asik ya. Saking semangatnya aku pun lupa akan kesiapan tubuhku sendiri untuk berolah raga, yang hasilnya bukan sehat eh malah kaki jadi cedera dan nafas ngos-ngosan.

Jadi begitulah gambarannya akibatnya jika kita menyepelekan kesiapan tubuh kita untuk berlari walaupun kita tahu bahwa olah raga lari itu mudah sekali. Nah kalau bisa jangan seperti ini, anda ingin sehat tapi anda berlatih dan berolah raga seperti atlet. Artinya anda langsung berolah raga berat dan berlatih secara keras di awal-awal anda berolah raga. Hal ini juga tidak boleh anda lakukan karena bisa berakibat fatal. Nah jangan lupa juga minum minuman isotonik yang bermanfaat bagi tubuh ketika sedang dan selesai berolah raga seperti lari ini.

Manfaat Olah Raga Lari



Nah kadang karena sedang  kemaruk-kemaruknya lari langsung membeli sepatu lari yang super keren ala atlet atau langsung beli baju khusus lari supaya baju tidak basah oleh keringat. Nah kalo udah gitu olah raga lari ini udah gak murah lagi, makin ribet iya. Padahal kalo hanya untuk lari pakai sepatu yang tepat dan nyaman aja udah cukup. Walaupun sebenarnya sah-sah aja jika mengawali aktifitas lari langsung membeli aneka peratalan lari yang mewah itu. Namun itu bukanlah merupakan keharusan.

Manfaat Olah Raga Lari


Lari Untuk Tujuan Kesehatan

Olah raga lari adalah merupakan level selanjutkan setelah olah raga jalan cepat dan joging. Jalan cepat adalah satu kaki masih berada di atas landasan lari. Beda dengan joging kaki sudah tidak di atas landasan lari lagi atau fase melayang walaupun lebih lambat dari lari. Lari Joging biasanya di kecepatan 10-12 km/jam sementara jika anda berlari bisa lebih dari 12 km/jam. 

Sebaiknya kita harus tahu dulu apa sih tujuan dari berlari. Pada dasar nya tujuan orang berlari itu ada 3 aspek.

Pertama, untuk tujuan fun atau kesenangan, Misalnya kita punya gebetan yang suka lari nah kita ikut-ikutan lari. Padahal si larinya cuma sebulan sekali :D tentunya jika lari sebulan sekali ya tidak banyak membawa manfaat dan tidak menguntungkan bagi kesehatan kita.

Kedua. Karena serius ingin sehat. Alasan yang kedua inilah yang kerap muncul. Misalnya ada orang yang memiliki tekanan darah tinggi, kolestrol tinggi, diabetes atau sakit jantung, nah mereka ini akan berolahraga agar kondisi kesehatan mereka membaik walapun aktifitas olah raga mereka di awasi dokter.

Ketiga. Berlari dengan sangat keras untuk berprestasi atau seorang olah ragawan.

Batas kemampuan orang awam berlatih biasanya 100% maka para atlet bisa mencapai lebih dari 100%. Karena memang mereka bertujuan lari untuk mencapai prestasi ketika akan bertanding nanti. Tak sedikit orang awam yang memaksakan diri berlatih amat keras seperti atlet. Padahal bagi saya pilihan nomor dua seharusnya menjadi pilihan yang tepat. Karena lebih baik berlari untuk tujuan kesehatan,dan disertai dengan pemeriksaan awal dan akhir dari dokter. Dengan demikian maka hasil yang diperoleh akan lebih maksimal. 

Lari Bisa Memperkuat Jantung dan Paru-Paru

Olah raga lari kapan dan dimanapun bisa dilakukan dari yang muda hingga tua. Orang dengan usia 80 tahun sekalipun tidak masalah jika ikut jogging. Lari dan jogging kenyataanya bisa memperkuat dan menyokong jantung dan paru-paru. Karena ketika kita berlari gerakan-gerakan ketika berlari membuat otot-otot paha, pinggang dan perut akan lebih membutuhkkan asupan darah dan oksigen yang cukup. Nah supaya kebutuhan oksigen itu terpenuhi maka secara otomatis jantung dan paru-paru bekerja lebih ekstra.

Manfaat Olah Raga Lari


Itulah kenapa jantung akan lebih sering terlatih dan paru-paru bisa mengisi kapasitas volume oksigen yang lebih banyak dari biasanya. Sudah pasti dari penjelasan tadi jelaslah bahwa olah raga lari yang secara konsisten dilakukan akan memperkuat jantung dan paru-paru.  Perlu diingat, untuk anda yang belum terlatih berlari, jantung anda biasanya akan bekerja lebih cepat dari biasanya meskipun baru sebentar berlari. Tapi kalau terus-menerus di latih makan jantung menjadi lebih terbiasa dan lebih kuat dari yang awalnya lari sedikit sudah ngos-ngosan lama kelamaan menjadi terbiasa.

Pada kondisi yang sudah terbiasa olah raga lari maka tubuh telah mengalami adaptasi terhadap tekanan yang diberikan kepada dirinya. Jantung berusahan memompa darah lebih banyak. Oksigen yang didapatpun tentunya juga lebih banyak. Tak hanya menguntungkan bagi kesehatan jantung dan paru-paru, olah raga laripun menguntungkan bagi pembuluh darah. Dari yang tadinya pembuluh darahnya sempit sampai menjadi lebar. Atau yang tadi tersumbat jadi terbuka.

Aktivitas sehari-hari seperti jalan cepat dan jogging ternyata bisa mengurangi resiko penyakit hati dan stroke hingga 50%. (sciencedaily.com)

Pentingnya Persiapan Sebelum Olah Raga Lari

Persisnya Olah Raga manapun setidaknya harus mempersiapkan pemanasan dan pendinginan. Jika badan yang masih kaku jika langsung dipaksa berlari hanya akan memudahkan terjadinya cedera pada otot. Sebaiknya pemanasan dilakukan sekitar 10 - 15 menit. Mulai dari peregangan leher, bahu, punggung, lengan, perut, pinggang, paha, betis dan kaki. Semua bagian tubuh itu harus mengalami proses pemanasan dan harus ikut bergerak. Begitu juga dengan pendinginan lakukan setidaknya 10 - 15 menit juga, Bisa dengan dengan jalan santai dan jangan langsung duduk atau minum.

Selama kita berlari maka terjadi darah akan terkonsentrasi alirannya pada bagian kaki, Jadi jantung membutuhkan waktu untuk mengkondisikan lagi aliran ke seluruh tubuh kita.

Jadi jika langsung duduk maka posisi kaki akan berlipat, akibatnya pembuluh darah pada lutut dan panggul kurang tercukupi, Bahkan ketika kita mendadak "Blank" ketika beranjak berdiri. Saat kita berlari asupan makanan juga perlu menjadi perhatian, Tak perlu makan banyak sebelum berlari, Makan besar sebelum berlari akan membuat lambung terisi penuh oleh makanan dan ketika berlari maka lambung akan terguncang dan hal ini membuat tidak nyaman.

Manfaat Olah Raga Lari


Sebaliknya tidak makan sebelum berlari dan ternyata berlari dalam waktu yang lama kadar gula bisa drop dan akan menimbulkan kelaparan yang begitu hebat berakibat perut bisa perih. Makanan yang disarankan sebelum berlari adalah Pisang. Makanan berserat ini akan baik di olah tubuh sedikit demi sedikit menjadi energi.

Tak hanya makan minum pun  harus cukup. Ketika berlari anda jangan menunggu harus haus baru minum. Setidaknya 15 menit sekali minum, kantung kemih tak boleh kosong. Bila tidak bisa terjadi gesekan dan berdarah yang menggangu kinerja ginjal.

No comments:

Post a Comment