Arsip

Sunday, May 7, 2017

Manfaat Mengkonsumsi Minuman Isotonik

Sepertiya kalau bicara tentang minuman isotonik, kayaknya udah gak asing lagi bagi kita ya. Bayangkan lah ketika kita berada di udara yang panas, atau bagi anda yang baru saja selesai berolah raga minuman isotonik dingin mengalir membasahi kerongkongan kita.  Dan tiba-tiba kita berada di tengah salju atau di taman bunga kayak di iklan-iklan itu untuk mengekspresikan betapa segar dan bahagianya nya minum minuman isotonik itu. Nyessssss

Ya memang katanya kalau minuman isotonik bisa menggantikan cairan tubuh dengan cepat. Kayaknya bisa jadi “Janji iklan” itu ada benarnya juga. Walaupun begitu tetaplah cerdik mengkonsumsi minuman isotonik ini. Karena ada fakta-fakta tentang minuman isotonik yang perlu anda ketahui.Sepertinya kita sudah pada tahu ya bahwa 50-60% tubuh kita terdiri atas cairan. Bahkan otak kita sendiri terdiri dari 75% berupa cairan. Jadi ketika kita tubuh kita mulai kehilangan cairan atau dehidrasi, disebabkan mungkin berolah raga atau dikarenakan ada akitfitas fisik yang berat maka performa seseorang tentunya akan sangat terganggu.

Manfaat Minuman Isotonik

Jadi jika cairan di tubuh menurun sampai 5%, performa fisik akan melemah 20-30%. Jika berkurang 10% maka tubuh kita akan mengalami kelelahan akut. Bahkan, jika tubuh kita kehilangan cairan sampai 20% bisa sangat berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian.Untuk anda yang olahragawan yang punya aktifitas tinggi, fakta yang baru saja dijelaskan setidaknya menjadi perhatian yang harus di anggap serius. Karena, ketika aktifitas fisik berat atau olah raga yang kita lakukan, cairan tubuh akan hilang bisa mencapai 1-2 liter per jam. 60% diantaranya menghilang lewat keringat. 

Itulah kira-kira begitu pentingnya cairan dalam tubuh kita ini. Sehingga membuat beberapa produsen melirik celah bisnis yang menjanjikan ini. Ya kita bisa lihat sendiri di depan kita, produsen-produsen itu berlomba-lomba memasarkan produk-produk minuman isotonik yang diklaim bisa menjaga stamina tubuh kita.  

Benarkan MInuman Isotonik cepat diserap tubuh ?

“Pernah gak kita mengalami kondisi seperti tiba-tiba lemas, pusing, sensitif atau seakan-akan mau pingsan, pernah gak?”, kalau udah pernah, waspadalah karena mungkin anda sedang terserang dehidrasi. “Gugup saat mau presentasi?” Hati-hati bisa jadi ion pada tubuh berkurang. Gak hanya pada kondisi seperti itu mungkin panic, berkeringat, suara tiba-tiba hilang ketika presentasi itu pertanda dehidrasi dan ion pada tubuh anda berkurang. Minumlah P**** S***T untuk mengembalikan ion tubuh yang hilang. Begitula beberapa iklan minuman isotonik yang merayu masyarakat melalui media televise dan internet setiap harinya. Pokoknya mereka mengiming-imingi bahwa dengan meminum minuman isotonik bisa memulihkan tenaga dan mengembalikan  ion tubuh yang terkuras.

Sebenarnya Apa Sih Minuman Isotonik Itu?

Isotonik itu diambil dari dua kata yaitu “iso” yang artinya sama dan “tonik” yang artinya tekanan. Artinya isotonik adalah minuman yang mempunyai tekanan yang sama  dengan sel tubuh osmolaritas. Minuman isotonik ini memang mengandung karbohidrat dan mengandung beberapa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti natrium klorida, kalium fosfat, kalsium laktat dan magnesium. Osmolaritas sama dengan darah. Itulah kenapa minuman isotonik ini lebih cepat diserap oleh tubuh kita. Selain yang sudah di jelaskan pada paragraph sebelumnya, minuman isotonik ini juga bisa menggantikan elektrolit atau ion tubuh. Jadi sangat cocok diminum oleh atlit atau olah ragawan.  “Kandungan dari minuman isotonik ini memang mineral, dan memang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Perlu diingat minuman isotonik ini memang sangat baik diminum jika memang tubuh benar-benar membutuhkan.

Manfaat Minuman Isotonik

Sebenarnya Minuman Isotonik Bisa Dibuat Sendiri

Sebenarnya minuman isotonik bisa anda buat sendiri atau anda bisa racik sendiri di rumah. Percaya gak kalau minuman isotonik ini bisa di buat hanya dengan satu liter air matang, terus tambahkan 200ml sari jeruk atau lemon dan 1gr garam lalu di aduk sampai garam larut dan kemudian didinginkan dan minuman isotonik buatan sendiri ini langsung bisa anda minum.

Minumlah Minuman Isotonik Pakai Sedotan

Selain dari bagusnya minuman isotonik untuk tubuh ada fakta lain dari minuman isotonik ini. Minuman ini hanya akan sangat bermanfaat ketika tubuh kita mengeluarkan banyak keringat. Dan jika minum minuman isotonik pada saat tubuh normal maka minuman ini tidak akan banyak menfaat bagi tubuh kita. Karena tubuh yang segar tak membutuhkan zat-zat elektrolit tambahan yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Fakta lain nya adalah minuman ini mengandung asam sitrat. Nah zat ini lah yang perlu anda waspadai ketika mengkonsumsi minuman isotonik ini.  Zat ini bersifat erosive yang membawa pengaruh kurang baik terutama pada bagian lambung dan gigi. Jadi sebaiknya ketika minuman ini dibuka dari kemasannya segera di minum jangan disisakan untuk diminum lagi nanti.

Mengkonsumsi minum isotonik ini juga ada aturannya. Anda harus menggunakan sedotan, jangan pernah di tahan di dalam mulut apalagi di pakai untuk berkumur. Minum isotonik sangat nikmat dan baik jika di konsumsi ketika dingin karena bisa mengurangi efek kurang baik dari zat asam sitrat itu, lagi pula dalam kondisi dingin kandungan yang baik pada minuman isotonik itu akan lebih cepet di serap pada pencernaan kita.

Saat ini memang banyak minuman isotonik dengan berbagai merk yang beredar di pasaran yang mengklaim bahwa minuman yang diproduksi adalah minuman yang alami karena dibuat dari air kelapa hijau.  Selain masing –masing produsen dari minuman isotonik itu mengklaim bahwa produk minuman mereka juga bebas dari bahan pen gawet yang aman sekali di konsumsi oleh anak-anak dan ibu hamil.  Sebenarnya air kelapa juga baik untuk tubuh sebagai pengganti cairan tubuh. Karena memang air kelapa sudah mengandung elektrolit yang sangat dibutuh kan oleh tubuh kita.

Manfaat Minuman Isotonik

Plus dan Minus Minuman Isotonik

Begitu maraknya minuman isotonik yang muncuk di pasaran sudah barang tentu akan menjadi bahan diskusi yang menarik. Selain memberikan manfaat yang banyak pada tubuh kita nah ternyata ada juga lo efek samping dari minuman isotonik ini. Apalagi jika di konsumsi dengan cara yang salah.

Manfaat Minuman Isotonik

1.    Mampu Diserap tubuh dengan cepat
Ya memang bener karena minuman ini mengandung elektrolit dan garam. Sangat ideal diminum ketika sedang  berolah raga.

2.    Membantu penyembuhan diare
Bagi yang sedang diare minuman ini sangat menfaat karena fungsinya sama dengan kita mengkonsumsi oralit, karena kandungan mineral pada kedua minuman ini hamper sama.

Kekurangan Minuman Isotonik

1.    Mempengaruhi gigi dan lambung
Ingat minuman isotonik ini tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Jika sedang tidak beraktifitas berat seperti olah raga jangan mengkonsumsi minuman isotonik. Minuman mengandung zat asam sitrat yang bersifat erosive yang dapat berpengaruh kurang baik pada gigi dan lambung.  Sangat tidak di anjurkan bagi penderita gagal ginjal, diabetes, sakit jantung, dan penderita gangguan pada lambung.

2.    Kepala terasa berat dan pusing
Sebaik mengkonsumsi minuman isotonik sewajarnya saja. Memang sangat menyegarkan ketika di minum selagi dingin tapi tidak boleh di konsumsi sering-sering. Karena jika diminum berlebihan ketika berolah raga akan kepala akan terasa berat dan agak pusing.

No comments:

Post a Comment