Arsip

Friday, November 11, 2016

Tempat Ngopi Enak Di Berastagi - Biji Hitam Manual Brewing

Klikalfon.com - Biji hitam adalah salah satu tempat ngopi yang enak di berastagi dengan konsep Manual Brewing, yang merupakan ciri khas dari coffee shop ini. Untuk anda yang ingin berwisata ke berastagi biji hitam caffee shop ini  adalah salah satu tempat ngopi enak yang sangat saya rekomendasikan, karena ditangan dinginnya barista muda biji hitam cafe, anda bisa menikmati olahan minuman kopi yang nikmat.


Berawal dari ajakan teman-teman untuk ngumpul dan ngobrol di coffe shop aku berkenalan dengan cafe ini. Cafe coffee shop Biji Hitam. Kesan pertama ketika pertama kali singgah suasana tak seperti biasanya aku mengunjungi coffee shop. Suasana di cafe ini ini begitu nyaman dan tenang untuk menikmati secangkir kopi nikmat sembari bercengkrama dengan sahabat-sahabat lama. Cafe ini beralamat di Jalan Kolam Renang Gundaling I Berastagi Kabupaten Karo Sumatra Utara.

Tempat Ngopi Enak Di Berastagi - Biji Hitam Manual Brewing
Ngopi dan ngobrol bareng teman-teman
Nuansa yang kurasakan pada saat itu aku seperti berada disituasi dan tempat yang bergaya klasik dengan sentuhan urban life di cafe ini. Menurutku owner yang mendesain interior cafenya begitu kreatif. Karena dengan memanfaatkan barang yang ada disekitarnya menjadi furnitur interior yang unik di cafenya. Konsepnya apapun aku masih belum paham apa tapi aku menilai unik dan bagus aja menurutku.

Tempat Ngopi Enak Di Berastagi - Biji Hitam Manual Brewing
Berfoto bersama dengan salah satu owner cafe biji hitam manual brewing

Ada spot di cafe ini yang selalu mencuri perhatianku Coba lihat gambar di bawah ini, klasik sekali dimana camera tua yang dipajang dan ada mesin ketik dibawah rak tersebut. Aku tak mengerti apa maksud benda-benda jadul tersebut di pajang sedemikian rupa tapi bagku  itu adalah karya seni yang unik, membingungkan tapi berseni. Yang aku tau, aku suka saja dengan tatanan cafe ini. Hal ini menggelitik ku untuk mengetahui lebih jauh tentang Cafe Biji Hitam ini.

Tempat Ngopi Enak Di Berastagi - Biji Hitam Manual Brewing
benda-benda jadul yang di pajang di cafe biji hitam

Cafe ini di didirikan oleh dua abg adik Jaka pratama dan Andika Sahputra Pada tanggal 19 April 2016. Di delapan bulan mereka berdiri mereka sudah mengadakan kegiatan Manual Brewing on The Street yang diadakan di Tugu Berastagi dimana misi mereka yaitu memperkenalkan kepada masyarakat apa itu manual brewing, bagaimana menikmati kopi dengan baik, dengan harga yang mereka turunkan dari harga secangkir kopi sebenarnya di cafe biji hitam masyarakat bisa menikmati kopi nikmat manual brew ini.

Tempat Ngopi Enak Di Berastagi - Biji Hitam Manual Brewing
Owner Biji Hitam sedang menyajikan kopi


Tempat Ngopi Enak Di Berastagi - Biji Hitam Manual Brewing
salah satu Event Biji Hitam Manual Brewing on The Street

Anda mungkin bertanya kenapa cafe ini dinamakan dengan Biji Hitam. Menurut owner cafe ini Andika Sahputra, cafe ini diberi nama biji hitam karena kata itu identik dengan kopi, gampang diingat dan lebih komersial  dengan branding coffee shopnya lagipula menggunakan bahasa indonesia nama biji hitam lebih familiar di dengar dari pada menggunakan nama cafe berbahasa inggris.

Nah ketika aku menyempatkan dan meminta waktu untuk ngobrol dengan owner kafe, aku bertanya apa slogan dari cafe ini. Spontan beliau menjawab "NGOPI DULU BIAR GAK PAPA" aku sempat bingung ini maksudnya apa? owner pun menjawab maksud dari slogan itu adalah

Dengan meminum kopi sebelum beraktifitas akan menjaga kita tetap fokus dan meminum kopi setelah beraktifitas untuk mengembalikan fokus kembali.

Tempat Ngopi Enak Di Berastagi - Biji Hitam Manual Brewing
Sesi berfoto setelah selesai wawancara

Ada Cerita menarik ketika aku ngobrol, mereka memprioritaskan menggunakan kopi yang asli hasil bumi berastagi yaitu kopi karo. Jujur aku sudah menikmati sendiri langsung jenis kopi ini, kalau ditanya gimana rasanya aku susah untuk menjelaskannya seperti apa tapi bagiku rasa dan aromanya begitu berbeda dengan rasa kopi pada umumnya yang biasa kunikmati. Tapi sebenarnya cafe ini pun mensuplai kopi dari luar daerah sepeti kopi lampung, bengkulu, simalungun, toraja, kerinci, flores, tetapi mereka tetap memprioritaslkan kopi karo sebagai produk minuman andalan di cafe mereka untuk pelanggan yang dateng ke cafe.

Apa senjata pamungkas cafe biji hitam mengelola biji kopi menjadi meniman hangat nan nikmat ini ? Diatas meja produksi berdiri dengan gagahnya Mesin Espresso Nuova Simonelli Osca II dan manual Brew V60 yang menjadi mesin produksi utama pembuat kopi nikmat yang selama ini ku seruput dengan nyaringnya. Bagi pelanggan yang tidak menyukai kopi atau tidak sedang ingin minum kopi mereke menyediakan minuman lain yaitu lemon tea menggunakan jeruk kesturi, Green Tea dan Coklat Panas.

Tempat Ngopi Enak Di Berastagi - Biji Hitam Manual Brewing
Salah Mesin yang di gunakan di Biji Hitam

Ada Kisah menarik lagi dari andika owner biji hitam ini, kenapa mereka membuka usaha cafe shop ini. Beliau menceritakan kepadaku bahwa alasannya karena "Kegelisahan", aku sempat terperangah kebingungan kok kegelisahan.... Ternyata dikarena kegelisahan yang disebabkan sudah tidak betahnya owner dengan pekerjaan sebelumnya menjadi barista di cafe shop ternama dimedan dengan aturan, rutinitas dan persaingan antar karyawan yang membuatnya jengah.

Tempat Ngopi Enak Di Berastagi - Biji Hitam Manual Brewing
Bersama Barista-Barista Muda

Dan abang dari Andika yaitu jaka yang tak pernah cocok dengan pekerjaan sebelumnya jadi sering berpindah-pindah pekerjaan. Sehingga Hal tersebut yang membuat mereka memutuskan untuk resign dan memilih mendirikan usaha cafe shopnya sendiri. Dimana melakukan pekerjaan dan usaha yang disenangi dan bisa berpenghasilan itu sudah menjadi nilai plus menurutnya. Dan akupun setuju dengan statement mereka... :D cerita tersebut perlu di contoh oleh generasi muda pastinya.

Mereka juga si sebenarnya pada awalnya ingin mendirikan cafe ini juga mengalami kegalauan dan keraguan yang mengawali tujuan dibuka cafe ini. Banyak faktor yang mempengaruhi memang seperti berada di kota kecil dimana kopi belum terlalu menjadi lifestyle di kota beratagi, lahan parkir yang sempit dan lain lain yang tak sempat diceritakan oleh owner. Tapi dikarena kemauan dan passion yang mereka miliki yang berhasil menepis semua kegalauan dan kebimbangan itu semua. Good Job bro :D

Tempat Ngopi Enak Di Berastagi - Biji Hitam Manual Brewing
Sebelum Ngopi Briefing Dulu Biar Gak Papa

Masih teringat di dulu ketika pertama kali singgah untuk minum kopi dengan manual brewing, cafe ini tidak menyediakan gula, aku sempat kebingungan pada waktu itu. Nah ternyata alasannya baru aku pahami sekarang bahwa gula adalah penghancur rasa kopi. Karena sebenarnya jika kopi dengan manual brewing di tambahkan gula maka rasa, aroma dan yang lain-lain pada kopi akan hancur tertutup dengan manisnya gula. Dan menurutku ada benarnya juga, sepengalamanku sendiri selama ini memang benar minum kopi tak sepenuhnya harus menggunakan gula karena gimana ya ada rasa manis di balik rasa kopi yang pahit.

Gimana dengan pesaing aku sempat menanyakan pertanyaan sensitif itu. Jawaban mereka jika ada pesaing malah mereka menyambutnya dengan welcome. Karena apa ? dengan adanya pesaing manjadi tolak ukur mereka dengan pesaing yang mengharuskan untuk trus belajar meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka. Jika tidak ada pesaing maka menurut owner malah usaha bisa jadi membosankan dan bisa membuat malas untuk menemukan inovasi-inovasi yang baru.

Tempat Ngopi Enak Di Berastagi - Biji Hitam Manual Brewing
Menjadi Peminum kopi atau Penikmat kopi itu adalah pilihan

Akhir kata : Kopi itu adalah minuman nikmat yang tidak sekedar diminum ada filosofi, seni dan makna yang ada di dalam secangkir kopi

Masih ada cerita ku lebih detail lagi yang berisi informasi, pengetahuan sampai mitos - mitos seputar kopi di Cafe Biji Hitam Manual Brewing ini yang sudah kuabadikan menjadi sebuat video liputan. Tonton video di bawah ini untuk menyaksikan wawancara langsung dengan owner biji hitam - manual brewing.

No comments:

Post a Comment